Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Kediri (beritajatim. com) – Pemerintah Kota Kediri kembali memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dengan menggelar pendaftaran program bantuan pemberian untuk wirausaha yang berlokasi di Kota Kediri.

Pendaftaran ini digelar sebagai respon dari Susunan Menteri Koperasi dan UKM RI No 1 Tahun 2021 tentang Penetapan Bantuan Dana bagi Wirausaha Buat Membantu Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pendaftaran Program Bantuan Dana bagi Wirausaha di Tanah air Kediri dibuka mulai Senin (24/05), sampai dengan Jumat (04/06) mendatang. Para pelaku usaha dapat mendaftarkan diri melalui http://bit.ly/BantuanWirausahaKotaKediri2021.

Ada beberapa persyaratan dengan harus dipenuhi pendaftar, yakni usia maksimal 45 Tahun serta melampirkan KTP, NPWP, NIB/IUMK/SKU, rekening Bank dan Ijazah minimal SMP.

Selain itu, disyaratkan calon pengikut program belum pernah menyambut bantuan dana wirausaha & bantuan pemerintah lainnya, yang dibuktikan dengan surat pemberitahuan.

Pendaftar selalu wajib melampirkan sertifikat pelatihan dan proposal usaha. & harus dipastikan peserta tidak berstatus sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI (Tentara Nasional Indonesia), Polri, personel BUMN (Badan Usaha Hak Negara) ataupun BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Kepala Dinas Koperasi dan UMTK (Usaha Mikro dan Tenaga Kerja) Praja Kediri, Bambang Priambodo, membuktikan jika para pendaftar mempunyai kendala dipersilahkan untuk muncul langsung ke Dinas Koperasi dan UMTK.

“Kami (Dinas Koperasi dan UMTK) akan fasilitasi melalui klinik UMKM. Silahkan datang pada jam pelayanan. Para-para pelaku usaha yang terpendam dan memenuhi persyaratan diharapkan segera melakukan pendaftaran. Buat saat ini sudah ada 312 orang pendaftar, ” ujarnya saat ditemui pada kantor, Selasa (25/5) siang.

Selanjutnya, ia mengharapkan melalui program tumpuan ini, masyarakat akan bertambah sadar dan tergugah hatinya untuk segera melengkapi legalitas usahanya. “Kalau ingin lebih maju, ya harus dilengkapi juga izin-izinnya. Harapannya, ada kesadaran dan keterbukaan fikrah untuk melengkapi perizinan, ” ungkapnya.

Mencuaikan program dari Kementerian Koperasi dan UKM ini, diharapkan bisa menjadi stimulus dan mampu membangkitkan ekonomi secara nasional utamanya bagi pelaku usaha di Kota Kediri. Hal ini selaras secara program-program kebangkitan ekonomi khususnya UMKM yang diluncurkan Walikota Kediri Abdullah Abu Mengobarkan. [nm/kun]