Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam bayangan kebanyakan mahasiswa atau bahkan calon mahasiswa, sidang skripsi adalah momok yang menakutkan. Padahal, meski sebagai penentu mahasiswa tersebut lulus atau tidak namun ternyata siding skripsi tidak semenyeramkan kata orang.

Perasaan cemas menjadi hal lumrah bagi para mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukan sidang skripsi. Terlebih jika melihat daftar nama dosen penguji yang mungkin dianggap cukup killer. Namun, percayalah bahwa sidang skripsi tidak semenakutkan itu, asal tahu tips-tipsnya. Berikut beberapa tips agar sukses dalam sidang.

Pelajari lagi Penelitianmu

Sebelum memasuki waktu ujian atau sidang, pelajari kembali penelitianmu. Jangan lupa berlatihlah mempresentasikan materi yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Selain itu, dalami lagi poin-poin yang menurutmu masih belum faham dan yang perlu dilakukan cobalah memahami model penelitian lain yang hampir berhubungan dengan penelitianmu.

Siapkan semua keperluan pendukung

Tentu sebelum sidang skripsi memastikan segala hal telah siap tidak akan membuatmu khawatir nantinya. Biasanya yang perlu disiapkan adalah file materi, berkas skripsi, bulpoin, notes (jika diperlukan), serta setelan kemeja putih, celana atau rok hitam, dengan almamater tentunya. Namun, di masa pandemi beberapa kampus biasanya menerapkan sidang online, jadi yang terpenting adalah siapkan koneksi internet yang stabil.

Berdo’a

Detik-detik sebelum memasuki ruangan sidang khusuanya, jangan lupa berdo’a dan meminta restu orang tua. Karena dengan berdo’a dan meminta restu tersebut setidaknya hati akan sedikit lebih tenang.

Berlaku sopan

Selama proses sidang bersikaplah sopan kepada dosen penguji. Ucapkan salam di akhir dan diakhir sidang. Tidak lupa mengucapkan kata maaf jika tidak seberapa faham atau tidak terdengar suara penguji. Ucapkan Terimaksih atas kesempatan yang diberikan termasuk juga untuk saran dan kritik dari para penguji. Pastikan dirimu tidak bersikap menggurui dan memaksakan kehendakmu sendiri ketika sidang skripsi.

Tenang dan yakin

Ketika presentasi yakinlah bahwa semuanya akan berjalan dengan mudah. Yakinlah juga dengan kemampuanmu untuk menjelaskan segala materi tersebut. Ketika presentasi maupun tanya jawab jabarkan semuanya dengan penuh ketenangan dan keyakinan. Ketika menjawab pertanyaan penguji namun timbul sedikit keraguan, coba jelaskan saja sejauh sepengetahuanmu. [fyi/esd]