Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Surabaya (beritajatim.com)  – Setelah sukses dengan sesi pertama webinar series “Career Booster” minggu lalu, MSI Alpha by Magnet Solusi Integra (MSI), menggelar kembali sesi kedua pada Sabtu (27/08/2021). Dalam sesi ini Agata Paskarista (Career and Self Development Counsellor & Brand Ambassador TopKarir Indonesia) akan sharing materi Winning Your Dream Job.

“Kami berkolaborasi dengan TopKarir karena menawarkan beragam pilihan pengembangan karir, mulai dari informasi terkait kesempatan kerja (magang, pekerjaan tetap maupun pekerjaan paruh waktu), beasiswa kelanjutan pendidikan, pelatihan dan sertifikasi serta informasi terkait kewirausahaan. Ini bisa menjadi bekal bagi anak muda dalam megubah mindset dalam bekerja,” tutur CEO MSI Consulting, I Novianingtyastuti, Jumat (27/8/2021).

Novi menambahkan, dalam sesi kedua ini Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak direncanakan menjadi Keynote Speaker.

“Sebagai salah satu tokoh muda berprestasi, beliau diharapkan dapat memberikan inspirasi dan menjadi role model bagi para generasi muda. Sangat relevan karena kegiatan ini menyasar kalangan mahasiswa semester akhir, fresh graduates, freelancer dan pencari kerja,” katanya.

Sebagaimana diketahui, acara ini adalah program kolaborasi dengan Krya, TopKarir Indonesia, Bright Internships dan Level Up! Community mendorong lahirnya generasi muda kompeten, inovatif dan produktif. Webinar Series Career Booster juga didukung DPKKA Universitas Airlangga, Disnaker Provinsi Jawa Timur, Unit Pengembangan Karir & Kewirausahaan (UPKK) Universitas Brawijaya dan Rotaract Club of Surabaya Persada dan beritajatim.com.

Pasca acara ini, bakal dilanjutkan dengan kegiatan di tanggal 4 September 2021 menampilkan Florensia W Daryanto (Founder Bright Internships) dengan tema Equipping Yourself with 21st Century Skills. Webinar Series Career Booster ditutup dengan Moch Fachrezy Zulfikar (Founder Level Up! Community) yang akan bicara soal Personal Branding and Networking.

Jadi, lanjut Novi, kegiatan ini diharap tidak hanya memberi wawasan tentang tantangan dan peluang dunia kerja, namun diharap membuat peserta juga mampu mempersiapkan diri dengan baik untuk mewujudkan karir impiannya. Meurut Novi, kondisi dunia usaha saat ini dan terutama paska pandemi menyebabkan pergeseran kualifikasi kebutuhan tenaga kerja.

“Karena itu generasi muda butuh mindset baru tentang bekerja. Peluang kerja terbuka lebar dan dapat dieksplorasi melalui beberapa cara baik magang, pekerjaan tetap maupun pekerjaan paruh. Demikian juga alternatif berwirausaha, bagi mereka yang memutuskan bekerja secara mandiri,” imbuhnya.

Menurut Novi, program MSI Alpha ini sangat selaras dengan perhatian Pemprov Jatim pada kaum muda. Dominasi generasi Y dan Z ini merupakan hal positif dan bisa jadi potensi memajukan Indonesia. Mereka merupakan kelompok usia produktif, banyak inovasi dan ide baru yang tercipta. “Mereka juga mudah beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan teknologi yang saat ini sedang terjadi,” kata alumnus Fakulyas Psikologi Unair ini.

Acara ini menjawab tantangan situasi yang terjadi paska pandemi seperti tergambar dalam data berikut tentang ketrampilan yang paling dibutuhkan perusahaan usai pandemi dan teknologi yang banyak diadopsi perusahaan di masa depan (15 Januari 2021, Katadata.co.id dengan judul “Pandemi Mengubah Masa Depan Pasar Tenaga Kerja-Analisis Data Katadata”). (ted)