Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Sampang (beritajatim. com) – Angka kemiskinan di Kabupaten Sampang, Madura, masih menyimpan posisi tertinggi di Jawa Timur, yakni 22, 78 persen. Ini cenderung naik sekitar 2 persen dari tahun 2019 lalu yakni 22, 71 persen.

Wahyu Wibowo, Pemimpin Fungsi Sosial kantor Badan Pusat Statistik (BPS) setempat menjelaskan, data kemiskinan buatan survei 2020 tersebut telah dipaparkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Bupati H. Slamet Junaidi dengan didampinggi oleh jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Batu, Malang, sekitar depan 2021 Januari.

“Data Kekurangan itu yang menentukan merupakan BPS pusat, sementara BPS daerah hanya menyiapkan petunjuk. Ibarat koki, kita hanya menyiapkan bahan-bahannya saja namun yang mengelola adalah sentral, ” kata Wahyu, Senin (22/3/2021).

Wahyu menambahkan, buat mengukur kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi keinginan dasar (basic needs approach). Dengan pendekatan ini, kekurangan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan serta bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran.

“Sejak 2012 lalu, angka kemiskinan di Kabupaten Sampang, tertinggi di Jawa Timur sampai sekarang, ” tandasnya. [sar/but]