Banyuwangi (beritajatim. com) – Rute penerbangan dari Banyuwangi ke Bali dan sebaliknya kembali digarap. Sehingga menambah konektivitas antar daerah yang menyuguhkan pariwisata ini.

Rute ini akan diterbangi sebab maskapai nasional Citilink dengan motor ATR 72-600. Penerbangan perdana tersebut akan dimulai pada 28 Agustus 2020 besok. Rute ini pula menyambung hingga ke Lombok.

“Kami sangat senang Banyuwangi bisa terhubung dengan Bali sebagai pusat pariwisata nasional. Kami meminta ini akan berdampak pada penambahan ekonomi lokal, ” kata Tumenggung Abdullah Azwar Anas, Kamis (27/8/2020).

Rute ini, kata Anas, akan berdampak pada menggeliatnya pariwisata daerah. Untuk itu, Anas berharap kepada semua pelaku pariwisata untuk tidak lupa dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

“Pariwisata yang bergerak harus tetap harus perdata pada covid-19. Jangan hanya bandara yang ketat melakukan protokol kesehatan tubuh, namun para wisatawan dan pelaku wisata tetap harus diingatkan buat disiplin pada protokol kesehatan covid, ” kata Anas.

Sementara itu, District Sales Manager Citilink Banyuwangi Dadang Teguh Setiawan mengatakan penerbangan pertama rute Banyuwangi-Bali PP ini mau berlangsung pada 28 Agustus besok.

“Kami berharap itu bisa mengungkit sektor pariwisata kedua daerah. Kami berharap, rute tersebut kembali diminati penumpang seperti zaman. Semoga dilancarkan, ” kata Dadang.

Pada rute ini, rencananya Citilink akan terbang pada setiap hari dengan pesawat jenis ATR 72-600 berkapasitas 72 seat. Ditambahkan Dadang, jadwal Banyuwangi – Denpasar 07. 35 WIB – 09. 15 WITA dan dari Denpasar – Banyuwangi: 12. 55 WITA – 12. 45 Wib.

“Rute pesawat ini faktual menghubungkan sejumlah kota. Dimulai dibanding Surabaya, lalu terbang ke Banyuwangi, lanjut ke Denpasar, selanjutnya menuju Lombok, dan rutenya PP. Oleh sebab itu, sebenarnya penumpang dari Banyuwangi mampu menuju Lombok dan sebaliknya, ” pungkas Dadang. (rin/ted)