Surabaya (beritajatim. com) – Surat rekomendasi sejak Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Calon Bupati Tuban Setiajit, dianggap sudah final dan tidak perlu diperdebatkan lagi.

“Rekom sudah diberikan DPP PAN ke Pak Setiajit, itu sudah siap, ” kata Plt Ketua DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie melalaikan rilis yang diterima beritajatim. com, Jumat (14/8/2020).

Pihaknya juga sudah menerima salinan tulisan dari DPP PAN terkait rekomendasi yang di dalamnya tercantum tanda Setiajit sebagai Calon Bupati Tuban.

Karena itu, dia meminta agar tidak perlu diperpanjang lagi terkait permasalahan rekom tersebut, karena sudah dianggap final. “Kami sudah menerima salinan suratnya, dengan langsung ditandatangani Ketua Umum DPP PAN, ” tegasnya.

Seluruh komponen PAN di daerah diminta untuk tunduk pada keputusan DPP PAN, karena yang memiliki kewenangan mengeluarkan rekomendasi adalah DPP PAN. “Untuk kawasan hanya sebatas menyetujui apa yang menjadi keputusan DPP PAN. Ini akan ditindaklanjuti sampai ke daerah nanti, ” ujarnya.

Terkait dengan nama Agus Maimun yang merupakan kader PAN sekaligus mantan anggota DPRD Jatim dengan sebelumnya mendapatkan rekomendasi, Rubaie membaca, bahwa apapun yang diputuskan DPP PAN harus dipatuhi.

Pihaknya akan melakukan pendekatan secara internal untuk menyelesaikan hal tersebut. “Yang penting sekarang bahwa rekom itu atas nama Setiajit, kemudian akan kita selesaikan secara privat, ” tukasnya.

Sementara itu, Calon Bupati Tuban Setiajit berterima kasih kepada PAN dengan telah memberikan rekomendasi. “Saya sangat berterima kasih, ini amanah dengan sungguh luar biasa, ” katanya.

Terkait keluarnya perut rekomendasi dari PAN, Setiajit menjelaskan bahwa masalah itu sebaiknya ditanyakan langsung ke PAN. “Yang terang PAN Jatim sudah mengatakan kalau keputusan DPP PAN sudah final, ” pungkas Kadis ESDM Daerah Jatim yang segera mengundurkan diri dari status ASN Pemprov Jatim ini. (tok/kun)