Kediri (beritajatim. com) – Dalam buram memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang bertepatan pada tanggal 01 Oktober 2020, Pemerintah Kota Kediri meniti Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Kediri melakukan pembagian masker dan rapid test gratis untuk masyarakat Praja Kediri.

Acara tersebut dimulai dengan apel seluruh deretan Dinas Kesehatan dan petugas Puskesmas di depan Balai Kota Kediri yang dilanjutkan dengan penyerahan masker secara simbolis oleh dr. Fauzan Adima selaku Kepala Dinas Kesehatan tubuh Kota Kediri. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberangkatan sepuluh ambulan ke lokasi pembagian masker dan rapid test.

Pembagian masker dan rapid test ini dilakukan di Alun-Alun Kota Kediri dan beberapa titik rawan kerumunan yang tersebar pada wilayah Kota Kediri. Dalam kesempatan ini tim gabungan Pemerintah Kota Kediri membagikan sejumlah masker kain tenun khas Kediri kepada para pengguna jalan raya, pedagang & masyarakat yang melintas.

“Kenapa masker? Karena menurut penelitian beberapa jurnal dan rekomendasi para ahli sudah terbukti bahwa secara memakai masker dengan baik serta benar terbukti melawan virus. Oleh sebab itu kesaktian pancasila ini kita peringati dengan kesaktian masker Covid-19. ” ungkap Fauzan Adima selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Selain penggolongan masker, juga dilakukan rapid test gratis untuk screening. Apabila kemudian ditemukan hasil reaktif, maka hendak segera dilakukan swab test kepada yang bersangkutan. Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah Kota Kediri terhadap percepatan pengerjaan Covid-19 di Kota Kediri. [nm/but]