Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Kediri (beritajatim. com) – Batik sudah menjelma tren saat ini. Peminatnya pun mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain itu, Batik adalah lupa satu kekayaan bangsa dengan harus dilestarikan.

Di Kabupaten Kediri sendiri, banyak pengrajin batik. Dekat di setiap desa mempunyai pengrajin batik dengan keunikannya masing-masing.

Sebagai Bupati Kediri, Akang Bup Hanindhito Himawan Pramana sangat memperhatikan pelaku UMKM terutama pengrajin batik. Kali ini Mas dan istrinya Mbak Eriani Annisa berburu batik di Desa Parit, Wates.

Meski hujan mengguyur wilayah Wates, tak menyurutkan niat Akang Bup dan Mbak Eriani untuk tetap berburu membatik khas Kediri. Adalah Lochatara yang menjadi destinasi menggambar selanjutnya. Diketahui, saat gerakan Mas Bup sering mengunjungi sentra-sentra batik di Kabupaten Kediri. Salah satunya merupakan Asta Dadapan.

Mbak Eriani Annisa sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengungkapkan, benar senang ketika melihat batik-batik hasil karya Lochatara. “Ya ini bagus-bagus motifnya. Tersebut kita beli banyak, terangnya sambil menunjukkan batik dengan dia pilih bersama Mas Bup.

Menurutnya, potensi batik yang ada di Kabupaten Kediri itu sangat bagus. Karena sudah bermunculan batik dengan dasar buah yang juga adalah komoditas asli Kabupaten Kediri. Seperti Nanas, Gunung Kelud, dan Mangga Podang.

“Kalau saya menyesatkan suka motif mangga podang ini. Karena warnanya mengakui. Motifnya juga keren, ” tandasnya.

Meski demikian, Mbak Eriani Annisa menambahkan2, batik-batik ini harus lebih inovatif lagi. Agar lebih lumrah dan dicintai oleh kelompok. Dia juga mengajak segenap warga Kabupaten Kediri buat memakai batik asli Kabupaten Kediri.

Pemilik Locharta, Heri Setiawan, terkejut dengan kedatangan Mas Bup dan Mbak Chicha.

“Alhamdulillah, saya senang sekali jika Mas Bup dan Istri mau mengambil batik dari kami, ” ujarnya
Dia berharap kedepananya pelaku UMKM sepertinya bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. “Biar pelaku UMKM seperti kami bisa lebih berkembang dan lulus lagi ketika bersinergi secara pemerintah, ” tuturnya. [nm/but]