Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

Sidoarjo (beritajatim. com) – Paslon nomor urut 2, H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) – H. Subandi punya agenda khusus untuk pemberdayaan UKM perempuan. Program ketiga dari 17 rencana itu adalah Kartu Usaha Hawa Mandiri (Kurma). Ini sebagai pengukuhan ketahanan ekonomi di keluarga.

Gus Muhdlor menjelaskan, pelaku usaha yang sudah terdaftar bahan mendapatkan banyak fasilitas. Ada bantuan permodalan, pelatihan manajemen bisnis serta keuangan, pelatihan dan pendampingan pemasaran digital sampai pendampingan sertifikasi buat berbagai jenis usaha.

“Pemegang kartu Kurma nantinya bakal mendapat bantuan modal bersubsidi dengan besarnya bervariasi, antara Rp 5 juta hingga Rp 50 juta untuk setiap usaha. Besarnya disesuaikan skala usaha pemegang kartu, ” katanya, Kamis (26/11/2020).

Lanjut putra KH. Agoes Ali Masyhuri itu, pemegang kartu juga mendapatkan pelatihan tadbir bisnis dan keuangan. Seperti pelatihan mengatur keuangan sehingga modal dengan didapat bisa dimaksimalkan dan mampu digulirkan untuk mengembangkan usahanya.

Selain itu, juga bakal dapat pendampingan dan pelatihan pemasaran. Termasuk pemasaran digital, marketplace, pengemasan dan lainnya. “Untuk sertifikasi jenis usaha kita juga prioritaskan, ” ulasnya.

Selain itu, pemerintah daerah akan memberikan fasilitas sertifikasi seolah-olah PIRT, sertifikasi halal, atau sertifikasi BPOM, yang sesuai kebutuhan ataupun sesuai bidang usaha pemegang kartu. Dengan begitu, perempuan akan menjadi penggerak ekonomi di keluarga. Menjadi partner suami untuk membangkitkan ekonomi.

Program tersebut pun disambut baik. Salah satu kadet penggerak perempuan di Kecamatan Taman, Eni Kurniati mengakui Kurma menjelma satu diantara program terbaik. “Kurma ini bakal mampu memberikan jawaban arah keadaan ekonomi warga yang terbenam, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, ” kata Eni. [isa/suf]