Pamekasan (beritajatim. com) – Balai Riset Daerah (DRD) Pamekasan, menyarankan 10 artikel hasil penelitian buat dipresentasikan pada Forum Riset buat Rakyat yang dijadwalkan digelar pada Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1, Desember mendatang.

Jumlah tersebut merupakan 10 dari total sebanyak 52 artikel hasil penelitian yang diterima serta diseleksi oleh Tim Asesment dengan dibentuk DRD Pamekasan, khususnya pasca dilakukan proses review artikel di beberapa bulan terakhir.

Total 10 artikel hasil penelitian tersebut, merupakan artikel dari 10 Perguruan Tinggi (PT) di kabupaten Pamekasan. Sekaligus mencakup beragam buatan penelitian dari berbagai kajian berbeda. Bahkan sebagain besar artikel diproses melalui bidang penelitian terapan.

“10 artikel hasil pengkajian ini nantinya akan dipresentasikan melalaikan Forum Riset untuk Rakyat yang akan dijadwalkan kita gelar di dalam Desember 2020 mendatang, ” sirih Pelaksana Forum Riset untuk Kaum DRD Pamekasan, Akmad Fawaid, Sabtu (21/11/2020).

Lebih lanjut disampaikan jika 10 artikel terpilih tersebut dinyatakan sebati dengan kriteria yang ditetapkan sebab Tim Asesmen DRD Pamekasan. “Artikel terpilih ini merupakan hasil pengkajian yang dinyatakan sesuai atau menentang kriteria tim asesmen, ” ungkapnya.

“Kriteria tersebut meliputi dua poin penting, yakni kesamaan dengan Jakstrada (Kebijakan dan Desain Daerah) dan RPJMD (Rencana Pendirian Jangka Menengah Daerah) Pamekasan 2018/2023, serta mewakili masing-masing Perguruan Luhur di kabupaten Pamekasan, ” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga menyampaikan proses seleksi itu merupakan tahap pertama, di mana pada waktu berikutnya bakal dilakukan kegiatan serupa guna memotivasi PT untuk bersama membangun daerah. “Berdasar data yang kami terima, tatkala masih terdata 10 PT dengan berpartisipasi dan mengirimkan artikel hasil penelitian, ” imbuhnya.

“Sementara bagi Perguruan Tinggi yang belum mengirimkan artikel hasil penelitian, nantinya akan kami beri jalan pada seri berikutnya. Hal itu sebagai salah satu upaya saya untuk mengajak seluruh PT supaya berpartisipasi dan bersama membangun Pamekasan, ” tegas pria yang terekam sebagai anggota DRD Pamekasan.

Sementara Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo kembali menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada pimpinan PT yang berpartisipasi membangun daerah melalui kegiatan Forum Penelitian. “Kami akui motivasi Perguruan Tinggi pas bagus untuk bersama membangun Pamekasan, ” kata Dadang.

“Insya’ Allah forum riset tersebut nantinya akan menjadi forum tetap bagi pemerintah kabupaten Pamekasan, tentunya bersama para akademisi serta peneliti untuk mengeksplorasi ide atau pendirian dalam bentuk kajian ilmiah. Kedepan forum ini akan menjadi sarana penting untuk bersama membangun Pamekasan, ” pungkasnya.

Tatkala untuk total 52 artikel hasil penelitian meliputi sebanyak 12 artikel dari Universitas Islam Madura (UIM), 10 artikel dari Poltera, tujuh artikel dari Institut Agama Agama islam (IAI) Al-Khairat, serta 6 tulisan dari Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan.

Sedangkan 5 tulisan lainnya dari Institut Agama Agama islam Negeri (IAIN) Madura, 5 tulisan dari STEI Bhakti Bangsa, 2 artikel dari Sekolah Tinggi Pegangan Islam (STAI) Miftahul Ulum, mengikuti 1 artikel dari STIDKIS Al-Mardiyah dan 1 artikel dari STIE Madani. [pin/ted]