Promo menarik pada undian Data Sidney 2020 – 2021.

Gresik (beritajatim. com) – Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) meresmikan tempat pelelangan ikan (TPI) nelayan Ujungpangkah. Tepatnya, di Desa Pangkah Kulon. Bupati milenial tersebut berharap keberadaan TPI tersebut, bisa dimanfaatkan secara bagus. Jangan lupa dirawat & dipergunakan menunjang perekonomian kampung.

“Saya menggantikan Pemerintah Kabupaten Gresik mengatakan terimakasih atas bantuan PGN Saka. Ini sebuah perubahan yang baik, membantu tepat sasaran dan tepat berjalan. Terlebih diresmikan di bulan penuh barokah. Semoga berguna, ” ujarnya, Kamis (6/05/2021).

Gus Yani menambahkan, pembangunan TPI ini selaras dengan program Pemkab Gresik. Dengan semangat ‘Gresik Baru’ bagaimana membangun infrastruktur yang berdaya saing untuk memakmurkan desa.

Sementara Ketua Rukun Nelayan Desa Pangkahkulon Abdul Latif menuturkan, sistem rukun nelayan ditempatnya sap memanfaatkan dan mengelolah TPI. “Bangunan ini sudah periode didambakan masyarakat. Tidak cuma nelayan tapi juga petambak serta masyarakat secara ijmal. Untuk mengelola kami sudah membentuk pengurus TPI. Agenda kerja juga sudah kami susun, ” tuturnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Gresik, Choirul Anam menyatakan adanya TPI ini sangat membantu nelayan. Buat itu, dirinya berharap nelayan bisa memanfaatkan TPI itu sebagai sumber meningkatkan perekonomian di sekitar kampung nelayan. “Jangan hanya cuma digunakan saja tapi juga dijaga serta dirawat supaya tak cepat rusak, ” ungkapnya.

Kepala Kampung Pangkah Kulon, Ahmad Fouron menjelaskan mayoritas warganya mempunyai pekerjaan di bidang perikanan, baik menjadi nelayan maupun petambak. Bangunan TPI yang terletak di tepi Kalingapuri, salah satu anak sungai Muara Bengawan Solo ini sangat strategis untuk tempat pendaratan ikan dan jual-beli buatan perikanan.

External and Government Relation PGN Saka Subali menyatakan usulan pembangunan TPI ini pegari dari masyarakat melalui mekanisme community need assessment. Selanjutnya, realisasi pembangunan TPI itu juga disinkronisasi dengan agenda pembangunan Pemkab Gresik.

“Dalam melaksanakan agenda CSR kami selalu menggali usulan dari bawah. Dibanding masyarakat calon penerima khasiat. Kebetulan juga pembangunan TPI selaras dengan Program Nawakarsa Bupati dan Wakil Tumenggung Gresik. Khususnya Gresik Agropolitan dan Minapolitan, ” pungkasnya. [dny/kun]