Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

Surabaya (beritajatim.com) – Dampak tidak diinginkan Barcelona terjadi usai kepergian beberapa pemain kunci seperti Antoine Griezmann, dan Lionel Messi. Rekor buruk tercatat karena Blaugrana gagal catatkan satupun serangan on target selama 90 menit pertandingan Liga Champions melawan Bayern Munchen di Camp Nou. Tumpulnya lini serang Barca membuat kedudukan berakhir telak tiga gol tanpa balas pada Rabu dini hari (15/9) WIB.

Ronald Koeman pelatih Barcelona telah mengupayakan formasi terbaik sejak menit awal. Barca turun dengan taktik 3-5-2 dengan lima gelandang ikut turun saat Bayern melakukan serangan, namun hilangnya Messi begitu terasa saat pertandingan tersebut. Bahkan duet Belanda antara Luuk de Jong dan Memphis Depay tak mampu membawa apapun.

Meski di menit awal Barca masih mampu mengimbangi Bayern. Namun mendekati menit ke-20, Bayern tampak bisa mengontrol pertandingan. Sepakan voli Leroy Sane menandai ancaman awal ke gawang Ter Stegen. Beruntung, dirinya masih bisa mengamankan bola gawang Barcelona dari kebobolan.

Saat menit ke-27 Gerard Pique melakukan blok krusial di kotak penalti menghadang bola yang dilepaskan Jamal Musiala. Kemelut di depan gawang Barcelona pada menit ke-31 berakhir dengan keputusan offside dari wasit.

Kerja sama apik yang diperlihatkan tim tamu pada menit ke-34 mampu diselesaikan begitu apik oleh Thomas Muller. Setelah bermain umpan satu dua, Muller mendapat bola dari Leroy Sane langsung mencari ruang untuk menembak ke gawang Barcelona. Tendangan keras Muller yang mengenai Eric Garcia sehingga tak mampu dihalau Ter Stegen. Skor 1-0 untuk keunggulan tim berjuluk Die Roten mengakhiri babak pertama.

Pada babak kedua, El Barca yang ketinggalan coba tingkatkan tempo permainan. Namun, kokohnya lini pertahanan Bayern mampu meredam. Die Roten bahkan kembali mendapat peluang mencetak gol kedua melalui upaya Sane yang melepas tendangan dari dalam kotak penalti. Beruntung, Ter Stegen mampu lakukan penyelamatan krusial dengan kaki.

Bayern benar-benar menghantar mimpi buruk di Camp Nou pada menit ke-56. Tendangan kencang Musiala di depan gawang saat dirinya mendapat ruang tembak, mengenai tiang gawang. Robert Lewandowski yang siap siaga tidak menyia-nyiakan peluang matang dengan mencocor bola yang datang ke arahnya. Bayern memperlebar jarak 2-0.

Setelah menggandakan keunggulan, Bayern perlambat ritme permainan. Barcelona coba memanfaatkan situasi, tetapi pertahanan Bayern masih terlalu kokoh.

Penderitaan Los Cules pun tuntas saat Bayern menambah keunggulan lima menit jelang waktu normal usai. Diawali tendangan Serge Gnabry yang mengenai tiang, Lewandowski kembali bola muntah. Melihat kemelut yang terjadi, Lewandowski tidak langsung menyepak bola, ia lebih dulu melewati Gerard Pique. Tembakan kencang Lewi membuat bola bersarang di gawang Barcelona untuk kali ketiga, Lewandowski berhasil catatkan brace. [dan/esd]