Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Surabaya (beritajatim.com) – Money Heist jadi serial Netflix yang paling banyak ditunggu kehadirannya. Serial 5 kemarin bahkan ramai dibicarakan di sosial media hingga sempat jadi trending Twitter. Selain memiliki banyak digemari penonton karena aksi laga, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari Serial dengan nama Spanyol La Casa De Papel ini. Terutama pelajaran finansial, karena secara keseluruhan film ini bercerita perampokan terbesar di Spanyol. Apa saja pelajaran yang dapat diambil?

Setiap Perencanaan Harus Ada Tujuan

Saat memiliki rencana, baik jangka pendek maupun panjang kita harus punya tujuan. Hal ini dapat diambil dari Money Heist bahwa sebelum memulai rencana, Profesor punya tujuan yang jelas, yaitu menjadi kaya raya dan tidak perlu bekerja lagi untuk waktu yang lama.

Sama halnya dengan kita saat hendak mengelola keuangan. Kita harus mengetahui dahulu tujuan untuk apa, sehingga kita bisa tahu uang akan dipergunakan untuk apa kelak.

Emosi yang Tidak Terkontrol Bisa Merusak Rencana

Dalam Series Money Heist, Profesor melarang tim untuk punya emosi pribadi dalam rencana yang sudah tersusun matang. Hal ini dikarenakan dapat membahayakan rencana, dan tentu membahayakan tim.

Ini terbukti ketika Tokyo melakukan hal irasional karena memiliki hubungan emosional kuat dengan Rio yang kemudian mengganggu rencana. Pelajaran ini bisa diterapkan sebagai strategi saat menabung, karena emosi akan berperan besar dalam suatu keputusan yang hendak kita ambil. Dari Money Heist kita belajar untuk memilah barang yang benar-benar dibutuhkan dengan yang hanya sebatas ingin.

Siap Dengan Berbagai Kemungkinan

Pada film tersebut, rencana Profesor bisa berjalan mulus karena selalu punya banyak plan, dari plan A hingga plan Z, ia juga siap dengan berbagai strategi guna menghadapi setiap kemungkinan.Kemungkinan tersebut ia kumpulkan dari segala informasi yang ia miliki. Hal ini bisa diterapkan saat kita hendak mengelola portofolio investasi saham dengan melakukan banyak riset, lalu menyusun strategi.

Belajar Mengendalikan Risiko

Rencana Profesor tidak berakhir begitu saja usai pembobolan sukses, ia juga sudah siap pada rencana setelah kejadian. la bahkan sudah matang berpikir jika salah satu timnya ada yang tertangkap polisi.

Begitupun yang harus diupayakan dalam keuangan, risiko kesehatan yang bisa muncul kapan saja hingga dapat menguras tabungan. Untuk hal tersebut, ada produk asuransi yang bisa membantu.

Kemampuan Negosiasi Bisa Membuat Untung

Untuk mendapatkan apa yang Profesor ingin dari polisi, negosiasi menjadi kunci penting. Layaknya yang dilakukan Profesor, kita juga bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan negosiasi. Misalnya saat hendak membeli sesuatu lalu mengupayakan tawaran harga. [dan/esd]