Kediri (beritajatim. com) – Rencana Berbagi Berkah MyPertamina membantu memajukan popularitas penggunaan transaksi cashless pada masyarakat, diantaranya untuk bertransaksi pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) pembelian produk berkualitas dari Pertamina. Salah satunya di wilayah Sales Kediri, Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus.

Wilayah Sales Kediri meliputi 10 kabupaten, Madiun, Kediri, Blitar, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung dan 3 kota Blitar, Madiun & Kediri. Di wilayah ini, sepanjang September Tahun 2020 antusias bangsa untuk ikut serta Program BBM meningkat. Terlihat dari jumlah transaksi yang terus bertambah setiap pekannya.

Di pekan perdana September tercatat 47 ribu pembicaraan menggunakan cashless via aplikasi MyPertamina. Jumlah tersebut meningkat mencapai bertambah dari 154 ribu transaksi pada pekan keempat. Peningkatan sebesar 227 persen jumlah transaksi yang dikerjakan oleh pelanggan dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sejalan dengan Program BBM yang tengah berlangsung.

Sales Area Manager (SAM) Pertamina wilayah Kediri, Valino menyampaikan bahwa upaya untuk mempopulerkan transaksi secara cashless dengan permintaan MyPertamina juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia sebagai pemegang kebijakan moneter. “Sepanjang September saja, total transaksi pembelian produk Pertamina pada SPBU mencapai Rp 12, 9 miliar. Kami berharap angka pembicaraan dan jumlah dalam rupiahnya mau terus meningkat, ” ujar Valino.

Pelanggan yang bertransaksi menggunakan aplikasi MyPertamina akan memperoleh kupon undian Berbagi Berkah MyPertamina lebih banyak dari pelanggan dengan bertransaksi secara tunai. Kemudian fasilitas untuk melakukan penukaran kupon buat mengikut undian juga dapat dilakukan melalui aplikasi secara cepat.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia produk berkualitas Pertamina, Program BBM memberikan kesempatan untuk pelanggan untuk memperoleh berbagai macam hadiah menarik selama periode rencana. Sebanyak 40 pasang wisata nusantara, 62 pasang paket umroh, 40 pasang wisata eropa, 46 mesin, 3 Kg emas, dan satu mobil Porsche Boxster bisa diperoleh pelanggan dengan mengikuti undian Rencana BBM ini.

Pengundian hadiah berkala Agenda BBM sampai September sudah dikerjakan beberapa tahap, dengan pengundian penghargaan utama nasional dijadwalkan untuk dilaksanakan pada 20 Agustus 2021. Bagian Manager Communication Relation & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jatimbalinus, Rustam Aji menyampaikan, perpanjangan periode Kalender BBM ini untuk memperbesar kesempatan para pelanggan yang sudah mengikuti meningkatkan jumlah transaksi.

Selain itu juga memperbanyak kupon undian serta memberikan kesempatan pelanggan yang belum sempat mengikuti agenda ini dengan mulai bertransaksi melalaikan aplikasi MyPertamina. “Hingga saat tersebut ada 239 SPBU di wilayah Sales Area Pertamina Kediri dengan sudah dilengkapi dengan mesin Electronic Data Capture (EDC) dan QR Code. Pelanggan cukup melakukan scan barcode melalui aplikasi MyPertamina pada smartphone, lalu masukkan PIN milik pelanggan dan saldo di dompet elektronik akan berkurang secara otomatis, ” tutup Rustam. [rea/suf]