Nganjuk (beritajatim. com) – Pada sela kesibukan bertugas, Babinsa Koramil 03 Loceret, Serka Wusono, yang tinggal di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon, Nganjuk, tetap melakukan hal-hal positif. Salah satunya memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah buat menanam sayur mayur.

Kebetulan di belakang rumah Wusono ada lahan kosong. Nah, lahan kosong itulah yang dimanfaatkan buat bercocok tanam sayur-sayuran. Tentu selalu, aktivitas tersebut dilakukan ketika libur. Layaknya petani, Serka Wusono mengolah tanah, kemudian menanaminya dengan aneka sayur.

Serka Wusono mengatakan, sayuran yang tumbuh subur di lahan kosong belakang rumahnya diantaranya sawi, kangkung, bawang abang dan lainnya. Dengan pemanfaatan tanah pekarangan rumah, lanjut Wusono, tersedia nilai ekonomis yang ia dapatkan.

“Banyak manfaat bercocok tanam sendiri. Kita bisa memenuhi kebutuhan sayur-sayuran rumpun, tanpa harus membeli. Terlebih, dengan menanam sendiri, sayuran tersebut lebih terjamin mutunya karena tidak menggunakan pestisida. Saya menggunakan pupuk negeri, ” katanya, Minggu (1/11/2020).

“Saya memanfaatkan waktu dalam kala libur dan setelah pulang dari kantor untuk bercocok menanam. Hitung-hitung sambil menghilangkan penat, bisa mendatangkan manfaat, ” pungkasnya. [suf]