Kediri (beritajatim. com) –  Ngamen Virtual malam ini begitu spesial karena bertepatan dengan Hari Oleh sebab itu Kota Kediri ke-1141, Senin(27/7) bertempat di GOR Jayabaya Kota Kediri. Ngamen virtual sendiri merupakan konser musik dari sejumlah musisi Praja Kediri. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk membantu para pekerja seni yang kehilangan pekerjaan akibat dari pandemi covid-19.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar dengan hadir secara langsung dalam Ngamen Virtual Spesial Hari Jadi Tanah air Kediri ke-1141 ini mengucapkan terima kasih kepada para pekerja seni & rekan artis yang ada pada Kota Kediri karena dengan adanya pandemi covid-19 ini semua bagian bisa berkolaborasi. Serta DPRD Tanah air Kediri yang juga mendukung urusan Ngamen Virtual ini. “Saya terang saat ini masyarakat Kota Kediri tidak ada event apapun. Tapi semua bisa disajikan secara virtual melalui YouTube seperti saat itu, ” ujarnya.

Walikota yang dekat disapa Mas Abu ini menyuarakan, Ngamen Virtual ini bisa terlaksana karena kolaborasi dan kerjasama dari semua pihak. Kedepan kolaborasi tersebut harus terus berjalan sehingga semua bisa berkarya bersama-sama. “Saya Walikota Kediri dan juga rekan sebab DPRD yang merupakan bagian sebab pemerintahan akan terus mendukung kejadian ini berjalan dengan baik. Khususnya pada rekan-rekan saat ini tuntutannya adalah kreativitas. Ini harus tetap diasah supaya kedepan pekerja lembut dan lainnya akan lebih cantik lagi, ”tuturnya.

Mas Lebu menambahkan saat ini tidak merapatkan kemungkinan banyak sekali hal dengan bisa dilakukan dalam dunia digital. Semua harus diarahkan ke dunia digital. Apalagi platform digital telah ada, tentu harus dipelajari bersama-sama. “Bagaimana orang lain bisa mewujudkan karya dengan baik yang mampu diakui oleh masyarakat. Kita harus lihat itu sebagai realita yang sedang terjadi, ” imbuhnya.

Kedepan, Mas Abu berharap semakin banyak artis-artis dari Kota Kediri yang bermunculan serta banyak UMKM-UMKM Kota Kediri menjadi besar. “Saya yakin juga kedepan banyak anak-anak muda Kota Kediri yang menjelma orang sukses. Saya lihat banyak sekali mereka yang berjualan online sudah berjaya. Semoga tambah elok dan kebaikan ini dapat ditularkan ke yang lainnya, ” harapnya.

Pada kesempatan ini, Anggota Komite X DPR RI Abdul Ketua Bafagih yang juga hadir mengapresiasi kegiatan Ngamen Virtual. Pada suasana ini memang tidak bisa mengandalkan satu atau dua belah bagian saja. Untuk menghadapi ini semua harus dengan kolaborasi. Kalau hanya mengandalkan pemerintah saja tidak bisa. “Saya terus terang mengapresiasi urusan ini. Acara yang diadakan sebab teman-teman pekerja seni ada beberapa sponsor lalu di buffer oleh pemerintah. Ini merupakan satu kesatuan. Ini yang harus saya sampaikan ke Mas Wishnutama selaku menteri agar nanti bisa ditularkan ke daerah-daerah lain, ” ujarnya.

Abdul Hakim Bafagih juga memberikan ucapan selamat ulang tarikh pada Kota Kediri ke-1141. Ia berharap agar Kota Kediri menjadi semakin lebih baik dan ekosistem masyarakatnya semakin bisa berkolaborasi. “Mudah-mudahan sinergi-sinergi seperti ini semakin digalakkan, ” harapnya.

Sebagai wujud rasa syukur Hari Oleh karena itu Kota Kediri ke-1141 dalam urusan ini juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Walikota Kediri yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Tanah air Kediri Firdaus, Anggota DPRD Kota Kediri Regina Nadya, dan Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar. Potongan tumpeng diserahkan oleh Walikota Kediri kepada perwakilan panitia Ngamen Virtual. [nm/kun]